Thursday, December 7, 2006

PASAR SYENGGOL : DARI AKRONIM SAMPAI PLAYSTATION



Bukanlah kebetulan kalau tulisan senggol di atas berubah dikit menjadi syenggol. Bukannya apa-apa, rupanya saya memang sedikit latah mengikuti gaya orang-orang Indo yang gemar membuat plesetan untuk berbagai kata-kata yang berpotensi untuk di-pelintir. Saya memang tergoda untuk memakai kata syenggol gara-gara e-mail kenalan saya yang begitu antusias mengomentari jalannya Pasar Senggol San Francisco Mei lalu. Ah, rasanya kan sedikit afdol gitu, kalau ngucapin senggol menjadi syenggol ? He...he..:)

Ngomong-ngomong soal plesetan, anda musti ingat bahwa orang-orang Indo memang suka membuat berbagai singkatan. Saking banyaknya akronim, anda semua bisa terheran-heran dengan munculnya singkatan baru dalam hitungan bulan. Umumnya singkatan-singkatan yang lagi nge-pop di Indo banyak dipakai dalam bahasa ucap, baru kemudian nyusul tulisannya. Dan karena menjadi fenomena yang unik dalam urusan komunikasi, saya sempat ingat ada seorang teman zaman kuliah dulu yang khusus menelaah perihal akronim. Contohnya, PKK, Siskamling, GR, BT, EGP, TST.

Bagi sebagian anda, orang Indo yang tinggal di luar negeri, barangkali kependekan seperti KBRI, KJRI,Dubes, Konjen, PBB, TKI, TKW sudah tidak asing lagi. Maklum, semua akronim ini memang sering digunakan dalam bahasa lisan sehari-hari di luar negeri. Pernah saya memiliki murid Amerika yang ngebet belajar Bahasa Indonesia gara2 kecantol pria Bali. Dia sempat grogi bin shock membaca kepanjangan singkatan2 tadi. Weleh weleh, ... kata si Elmo eh Komo.

Nah, menjelaskan singkatan yang banyak dipakai ke orang asing, boleh jadi tidaklah sulit. Tapi gimana dengan yang berikut ini. Connie Constantia, penyanyi berbuntut tiga asli Menado, ini sempat ngomong bahwa body-nya adalah body STNK. Apa ini ? Surat Tanda Nomor Kendaraan, plat nomor keluaran DMV ? Bukan, sodara2 ! STNK di sini artinya Setengah Tua Namun Kenceng .... ! Salah kan ?

Berbicara singkatan, kurang komplit kalau kita tidak menyinggung Pasar Senggol. Sony Corporation boleh aja sibuk bersiap-siap meluncurkan PS3-nya. Jangan salah, Indonesian Bay Area Society juga tidak kalah ! PS3 akan siap di-launching tanggal 21 Agustus 2004 jam 11.00 sampai jam 16.00 di SF County Fair Building, Golden Gate Park, San Francisco. Apa itu PS 3 ? Yeee, bukan Playstation 3, tapi Pasar Senggol 3 San Francisco .... He...he... :)

Sampai Jumpa di Pasar Senggol Bab Tiga ! Dan selalu ingat pesan saya, bersiaplah untuk disyenggoll !!!

Salam Senggol Selalu !

(Untuk yang berminat menyewa booth, tolong telpon Vonny 415 242 8129)

No comments: