Thursday, December 7, 2006

KENANGAN BERKESAN MANIS DARI PASAR SENGGOL 3



KENANGAN BERKESAN MANIS DARI PASAR SENGGOL 3
 
Dengan berputarnya waktu, berlalu pula acara Pasar Senggol 3 kemarin dengan kenangan yang manis, lucu dan gembira. Acara yang ditunggu tunggu sudah tiba saatnya dan berlalu dengan cepatnya.
 
Seperti sudah anda ketahui acara dimulai pada jam 11.00 pagi, tetapi sebelum pintu dibuka sudah banyak yang antri untuk masuk, bahkan sudah terjadi transaksi jual dan beli karena pengunjung pada lapar (maklum sekalian sarapan pagi di Pasar Senggol). Seiring dengan naiknya matahari, makin naik pula pengunjung yang berdatangan ke Pasar Senggol. Yang artinya makin hangat pula baik itu udara maupun suasana dalam gedung SF County Fair. Ide panas dari ketua panitia pelaksana yaitu dengan menyediakan sambal sebagai penyedap makanan di beberapa meja makan untuk pengunjung (dining area) sungguh membuat para pengunjung yang menikmati hidangan di tempat jadi lebih yahuttt alias sedap. Memang Ibu kita satu ini (Vonny) bair mungil tapi genius, tahu selera orang Indonesia yang makan tanpa sambal bagaikan makan sayur tanpa garam.
 
Di bagian panggung pun terlihat kesibukan untuk mempersiapkan acara, yang dimulai pada Jam 1.00 siang. Seperti sudah diumumkan sebelumnya akan diadakan Lomba Indonesian Idol, tetapi dasar budaya kebanyakan orang Indonesia yaitu malu malu kucing, maka pengunjung harus di bujuk bujuk dan di iming imingi dengan hadiah menarik, baru mulai berani mendaftarkan diri untuk ikut perlombaan, padahal diantara pengunjung banyak sekali bakat bakat yang terpendam, terlihat dari kualitas suara dari peserta lomba Indo Idol kali ini.
 
Disela sela lomba Indo Idol pengunjung dihibur oleh goyang Bionce dari Amerika dan goyang yang sudah menggegerkan tanah air yaitu goyang Inul. Para penontonpun berteriak histeris, dan tertawa terbahak bahak oleh pertunjukan ini, sehingga para penontonpun minta agar goyang Inul ditambah. Seiring dengan goyang Inul serasa bergoyang pula San Fransico tetapi bukan karena gempa bumi. Terlihat beberapa bule bule yang sampai terbengong bengong dengan mulut yang terbuka menyaksikan pertunjukan ini. Tetapi ada pula yang berani ikut bergoyang dengan "si Inul" ini. 
 
Di waktu lain ada perlombaan perlombaan yaitu :
1. Lomba makan nasi putih, dengan sumpit yang pemenangnya memecahkan rekor yaitu, habis dalam waktu hanya 45 detik saja. 
2. Lomba makan telor rebus terbanyak dalam waktu 1 menit dipecahkan rekornya oleh pemenang pertama dengan makan 3 butir telur. Sepertinya si pemenang tidak lagi mengunyah telur tersebut tapi langsung menelannya.
3. Juga lomba sedikit berbahaya (karena kalau gak tahan perut bisa sakit dan diare) yaitu lomba makan Jalapeno alias cabe hijau gede. Dengan mata merah dan berair si pemenang sanggup makan jalapeno 3 biji dalam waktu 1 menit. 
 
Di penghujung acara diumumkan pemenang lomba Indo Idol yang hadiahnya sangat menarik yaitu di produksikan musik video clip oleh annex studio dan akan di tayangkan selama 3 menit di acara INC (Indonesian Music Channel). Siapa duga ini akan mendongkrak kepopuleran si pemenang dan terlihat oleh para pencari bakat, dimana dari pemenang lomba Indo Idol bisa memenangkan lomba American Idol. 
 
Di sela sela waktu terjadi juga sengol sengolan diantara pengunjung sesuai dengan nama dari pada pasar ini yaitu Pasar Senggol karena begitu banyaknya pengunjung yang datang dalam waktu bersamaan sehingga terkesan menyerbu Pasar Senggol. 
 
Dengan bergulirnya waktu ke arah senja, para pengunjung pun satu persatu mulai meningggalkan arena Pasar Senggol dengan perut kenyang atau bisa dikata sedikit besar alias gendut tetapi tentu dengan hati senang dan puas. Juga tidak sedikit pengunjung yang terlihat membawa banyak kantong kresek berisi makanan yang di ketahui lebih lanjut untuk jatah makan 1 minggu dengan memasukannya ke freezer atau lemari beku. 
 
Yah Pasar Senggol 3 sekali lagi sudah berlalu seperti pasar senggol ke 1 dan 2, tetapi kesan yang lucu dan manis masih berbekas di setiap benak pengunjung terbukti dengan banyaknya pertanyaan kapan akan diadakan lagi Pasar Senggol berikutnya. Menurut Panitia, mereka akan istirahat sejenak setelah lelah mempersiapkan Pasar Senggol 3 ini selama berminggu minggu. Juga para vendor yang banyak bergadang untuk mempersiapkan makanan ini mengatakan akan tidur selama 2 hari dan 2 malam melepas kelelahan. Mungkin banyak mimpi indah yang terbawa sampai tidur baik oleh vendor, panitia maupun pengunjung.  
 
Sebagai penutup atas nama panitia pasar Senggol, ketua Indonesian bayarea society mengucapkan terima kasih kepada  seluruh pengunjung yang datang, vendor yang berdagang dan tak lupa Panitia pasar senggol beserta volunternya atas even yang sukses ini.

SAMPAI JUMPA DI PASAR SENGGOL BERIKUTNYA.
 
 
Lily Lim

http://www.indonesiamedia.com/2004/09/early/local/local-0904-senggol.htm

No comments: