Monday, December 11, 2006

INDONESIAN BAY AREA SOCIETY & PASAR SENGGOL SAN FRANCISCO


Masyarakat Indonesia Bay Area" & "Pasar Senggol San Francisco"

Apa pula ini ? Barangkali anda bertanya-tanya apakah gerangan "Masyarakat Indonesia Bay Area" itu dan siapakah orang-orang di belakangnya ? "Masyarakat Indonesia Bay Area" dibentuk oleh orang-orang biasa lantaran prihatin dengan terkotak-kotaknya imigran Indonesia di wilayah San Francisco dan sekitarnya. Indonesian Bay Area Society, seperti sebagian kami senang menyebutnya, mendambakan berbagai lapisan masyarakat Indonesia di San Francisco Bay Area bisa memiliki forum tetap tanpa embel-embel warna kulit, aliran politik, agama, politik, suku dan golongan tertentu. Diharapkan, melalui jumpa
sesama perantauan seasal ini segala hal yang positif untuk komunitas Indonesia di sekitar sini akan tercipta. Syukur-syukur, kalau forum semacam ini membawa dampak untuk Indonesia. Apabila anda memiliki visi serupa, anda otomatis bagian dari kami !

Tugas mengumpulkan orang dari beraneka ragam latar belakang ini memang tidak gampang. Kami mendapati bahwa makanan khas daerah agaknya merupakan magnet yang luar biasa untuk menarik orang Indonesia dari berbagai kalangan. Dan ini memang terbukti benar. Uji coba kami membuktikan bahwa "Pasar Senggol" yang pertama mencetak sukses besar. Lebih dari 1000 orang Indonesia dari San Francisco Bay Area, bahkan Fresno & Sacramento tumpah ruah memenuhi gedung St Stephen 7 Maret yang lalu. Sekitar 20-an meja menggelar makanan dan minuman etnis tanah air mulai dari otak-otak, empek-empek sampai gudeg Yogya dan tidak kurang dari 9 stand adalah perusahaan jasa milik orang Indonesia di Bay Area mulai dari asuransi, realtor, mortgage, gaun pengantin sampai kerajinan tangan.

Kemudian, apa itu "Pasar Senggol San Francisco" ? Dari namanya, anda langsung berasosiasi dengan pasar senggol tradisional yang umumnya ada di Indonesia. Itulah yang diharapkan timbul di benak anda. Yakni, pemandangan pasar di mana ada orang yang berjualan berbagai barang dan banyak pembeli yang antusias berjubel memenuhi pasar. Saking sesaknya, tanpa disadari mereka harus rela bersenggol-senggolan dengan sesama pengunjung pasar. Bedanya, "Pasar Senggol San Francisco adalah di luar Indonesia. Dan yang ditawarkan adalah makanan Indonesia yang relatif adalah barang langka di Amerika plus jasa-jasa yang terkait dengan Indonesia atau milik orang Indonesia di sini. Dan yang pasti, anda dijamin tidak lari terbirit-birit gara-gara ada ayam lepas dari kurungan penjualnya.

Pasar Senggol San Francisco kedua menempati ruang yang lebih besar (8000 kaki persegi), dua kali lipat dari gedung sebelumnya. Peserta bazaar inipun berganda dua, 50-an. Variasi peserta Pasar Senggol juga jauh lebih beraneka ragam, dari yang jualan Bandeng Presto Semarang, Tahu Campur Lamongan, Rendang Padang sampai jasa penyedia internet, kartu telepon, cargo dan Indonesian News Channel yang baru. Trus, ada acara entertaintment "Indonesian Idol" dan karaoke Indonesia untuk pengunjung. Dan yang lebih asyik adalah tempatnya yang super strategis, Golden Gate Park, San Francisco, tepat di paru-paru kota. Apabila membawa anak-anak sekalipun, anda tidak perlu kuatir. Karena Pasar Senggol kali ini menawarkan acara untuk putra-putri anda serta arena bermain untuk mereka. Dan yang pasti, kalau anda mau, jangan lupa tikar, sun block, topi plus sandal jepit. Eh, siapa tahu anda mau nyantai tiduran di Strybing Park pas di belakang
arena bazaar.

Pasar Senggol 2 dan seterusnya selalu menempati lokasi yang sama di San Francisco County Fair Building, Golden Gate Park, San Francisco.

O.K., sampai jumpa lagi di Pasar Senggol SF berikutnya dan jangan lupa menyenggol ! He..he.. :)

Foto : Sebagian volunteer Indonesian Bay Area Society melepas lelah seusai Pasar Senggol San Francisco

No comments: