Monday, December 11, 2006

ADA MASAKAN PADANG ASLI DI SAN FRANCISCO !




Ada Masakan Padang asli di San Francisco

Kita semua beruntung tinggal di San Francisco Bay Area yang kaya dengan berbagai bahan untuk membuat makanan khas Indonesia. Setidaknya, urusan kecap manis, bawang goreng, terasi, kemiri, kluwek, daun pisang dan bahkan Sambal Manis cap Jempol Kaki sekalipun bukanlah barang langka yang makan berminggu-minggu untuk mendapatkannya. Dengan mudah kita mendapatkannya di Asian Food Market. Tahu dan tempe pun bukan urusan yang sulit-sulit amat. Dan kita semua juga benar-benar diberkati dengan banyaknya talenta masak yang dimiliki oleh banyak insan asal Indonesia di kota penuh karakter ini. Berikut cerita tentang Masakan Padang di San Francisco !

Sempat seorang Ibu pemilik rumah makan Padang beken di Jakarta berseloroh, "Tahu nggak, waktu Neil Armstrong mendarat di bulan, eh dia ketemu Restoran Padang". Si Ibu ini mencoba menggambarkan betapa banyaknya restoran Padang di belantara Ibukota. Tinggal di San Francisco Bay Area beberapa tahun, saya sempat terheran-heran kenapa pula tidak ada Restoran ranah Minang di sini. Usaha saya menemukan restoran Padang di San Francisco boleh dibilang tidak menemui hasil. Tetapi tahukah anda kalau ada Ibu asli Minang yang masakan Padang-nya benar-benar otentik dan pas, tinggal di San Francisco ? Tidak salah lagi, Ibu ini adalah Ibu Yetty Firdaus , salah satu Pasar Senggol San Francisco May 2004 yang asli Payakumbuh, Sumatera Barat. Lulusan Universitas Muhammadiyah Jakarta ini rupanya cakap mengolah berbagai rempah-rempah Nusantara, sehingga tidak sedikit orang-orang Indo di Bay Area yang rela bolak-balik pesan makanan Padang "to go" dari rumahnya. Menurut bocoran, masakan Padang favorit olahan Ibu Yetty adalah Dendeng Balado dan Rendang . Ada yang bilang, Dendeng Balado Bu Yetty yang lezat sudah banyak membuat menantu lupa mertua. He..he.. Tambo Ciek ... (sering diucapkan oleh pekerja Restoran Padang yg artinya kira-kira : tambah lagi)

Foto : Masakan Padang mulai dari daun singkong, sambal hijau, dendeng dan telor balado dan rendang yang "ludes" waktu Pasar Senggol 4 ! Ibu Yetty Firdaus dengan Artis Ibukota, Ira Maya Sopha di Pasar Senggol San Francisco.

No comments: